Auf Wiedersehen, Deutschland

Auf Wiedersehen, Deutschland
Fans Jerman. Foto: Getty Images
WARSAWA - Jerman memasuki arena Euro 2012 dengan status unggulan. Bahkan, melihat potensi skuad dan tren positif sebelum turnamen, peluang Philipp Lahm dkk untuk merebut titel dianggap lebih besar daripada juara bertahan Spanyol. Tidak mengherankan kalau kekalahan 1-2 dari Italia di semifinal Kamis malam (kemarin dini hari WIB) membuat seluruh Jerman terpukul.

   

Para suporter misalnya. Sejak awal mereka sangat percaya diri. Mereka datang dari Jerman naik kereta api, karena memang Jerman dan Polandia berbatasan langsung. Ribuan fans tersebut menuju ke Stadion Nasional Warsawa dalam rombongan-rombongan kecil. Sepanjang jalan hingga masuk halaman stadion, mereka bernyanyi-nyanyi riang sambil menari.

   

Namun kondisi berbalik sesaat setelah kick off. Suporter Die Mannschaft (sebutan Jerman) terenyak dengan permainan Italia yang sangat atraktif. Tidak hanya ofensif, tapi juga mengancam. Dalam beberapa menit pertama, Mario Balotelli sudah nyaris membawa Italia unggul. Meski masih menyanyikan mars-mars penyemangat, tampak sekali mereka cemas.

   

Benar saja. Ribuan suporter Jerman yang berkumpul di sektor belakang gawang Manuel Neuer terdiam kala Balotelli sukses menaklukkan Neuer di menit ke-20. Nyanyian mereka semakin kencang. Tapi gol kedua Balotelli di menit ke-36 seperti memupus mimpi Jerman melaju ke final.

   

WARSAWA - Jerman memasuki arena Euro 2012 dengan status unggulan. Bahkan, melihat potensi skuad dan tren positif sebelum turnamen, peluang Philipp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News