Australia Beri Hibah Rp 354 Miliar

Australia Beri Hibah Rp 354 Miliar
Australia Beri Hibah Rp 354 Miliar
JAKARTA--Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang selama ini dibiayai Bank Dunia dinilai cukup berhasil. Oleh karena itu, pemerintah Australia memberikan hibah sebesar AUD 39 juta (sekitar Rp 354 miliar) untuk menambah cakupannya.

''Pemerintah Australia telah mengucurkan hibah sekitar AUD 39 juta. Dana tersebut digunakan untuk menambah cakupan desa dari yang semua 5.000 desa menjadi 5.500 desa di 15 Provinsi dan 110 kabupaten hingga periode 2012,''ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Budi Yuwono kemarin. Oleh karena itu, dia menganggap keberhasilan Program Pamsimas dapat diperluas dan diutamakan pemerintah daerah.

Pihaknya berharap pendanaan proyek tersebut juga bisa mendapat dukungan dari APBD dan sumber dana lain sehingga mendukung pencapaian target MDG?s (Millenium Developtment Goals). Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan daerah pinggiran kota.''Agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara benar,'' lanjutnya.

Program Pamsimas yang dimulai sejak tahun 2008 telah diaudit baik keuangan dan kinerja oleh BPKP. Dari laporan hasil audit konsolidasi keuangan oleh BPKP untuk pelaksanaan TA 2008, 2009, dan 2010 menunjukkan laporan keuangan pelaksanaan Pamsimas adalah wajar tanpa pengecualian.''Peningkatan kinerja tahun 2009/2010 menunjukan penurunan nilai temuan dengan kategori cukup berhasil,''ungkapnya.

JAKARTA--Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang selama ini dibiayai Bank Dunia dinilai cukup berhasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News