Australia Tak Akan Usik Kedaulatan RI atas Papua

Australia Tak Akan Usik Kedaulatan RI atas Papua
Presiden SBY dan PM Australia Tony Abbott berfoto bersama sebelum melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/9) sore. Foto: presidenri.go.id

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa kebijakan Indonesia dalam mengelola Papua sudah sangat jelas. Menurutnya, Indonesia mengutamakan pendekatan kesejahteraan, keadilan dan demokrasi di Papua.

Hal ini disampaikan SBY saat menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbot di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (30/9). "Kami sangat tulus dan kami sangat serius untuk memajukan kesejahteraan saudara-saudara kami di Papua," kata Presiden.

SBY menegaskan, Papua merupakan bagian integral dari Indonesia. Karenanya kedaulatan Indonesia mencakup Papua sebagai keutuhan teritorial.

"Saya berterima kasih dan saya senang Australia menghormati kedaulatan kami dan ikut berkontribusi untuk mengatasi masalah-masalah ini secara baik," kata Presiden.

Menanggapi pernyataan SBY, Tony Abbot menyatakan bahwa pemerintah Australia menghargai dan menghormati sepeenuhnya kedaulatan Indonesia termasuk wilayah Papua sebagai bagian integral NKRI. Abbot bahkan mengaku tidak setuju dengan siapapun yang menggunakan Australia sebagai dasar untuk mengambil posisi menentang Indonesia

"Kami akan melakukan apapun untuk mencegah hal ini. Saya mengagumi dan menghargai Anda (SBY) dan pemerintah Anda lakukan dalam mengembangkan otonomi dan kehidupan masyarakat Papua," kata Abbot saat pidato di hadapan Presiden SBY. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa kebijakan Indonesia dalam mengelola Papua sudah sangat jelas. Menurutnya, Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News