Avatar Nyaris Satu Dekade, Bagaimana Nasib Sekuelnya?

Avatar Nyaris Satu Dekade, Bagaimana Nasib Sekuelnya?
Avatar (2009). Foto: AFP

jpnn.com - Nyaris 10 tahun sejak film Avatar dirilis. Sekuel yang dijanjikan sutradara James Cameron belum juga hadir. Sejak awal penggarapan, Avatar memang bukan proyek mudah.

Cameron merencanakan kisahnya sejak 1994, tapi penggarapan filmnya dimulai pada 1997. Itu pun sempat mandek beberapa tahun. Sebab, Cameron ingin menyempurnakan teknologi dan visualisasi film.

Avatar baru ''ditawarkan" ke petinggi Fox pada 2005. Kerja keras Cameron memang bukan bualan. Avatar (hingga kini) tercatat sebagai film berpendapatan tertinggi. Plus masuk salah satu film orisinal -alias bukan franchise atau adaptasi- yang bisa meraup pendapatan selangit.

Awal 2010, Cameron menjanjikan sekuel Avatar. Sayang, hingga kini, kelanjutan film bertema dunia Pandora itu belum juga rilis. Ditunda dan ditunda lagi. Berikut kronologinya. (Vulture/EW/fam/c18/nda)


Nyaris 10 tahun sejak film Avatar dirilis. Sekuel yang dijanjikan sutradara James Cameron belum juga hadir. Sejak awal penggarapan, Avatar memang bukan proyek mudah.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News