Awas, Kombinasi Obat dan Makanan Ini Harus Dihindari

Awas, Kombinasi Obat dan Makanan Ini Harus Dihindari
Awas, Kombinasi Obat dan Makanan Ini Harus Dihindari

jpnn.com - ADA beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan waktunya dengan jenis minuman atau makanan tertentu. Mengapa?

"Dikhawatirkan kandungan zat yang ada di dalamnya justru akan menimbulkan reaksi berbahaya, dan beracun," kata konsultan apoteker farmasi, Jen Wolfe, Pharm.D, seperti dilansir laman Men's Health, Selasa (1/7).

Makanan dan minuman apa saja yang berbahaya bila dipadukan dengan obat tertentu?

1. Obat batuk dan jeruk

Buah jeruk memang menyehatkan, namun bila anda sedang sakit dan harus mengkonsumsi obat batuk, sebaiknya hindari dulu buah yang satu ini. Bahkan dikatakan bahwa efek jus jeruk dapat menjadi buruk bila dikonsumsi bersama dengan 50 jenis obat termasuk obat tekanan darah tinggi, statin. Jeruk akan meningkatkan efek samping obat, menyebabkan halusinasi, kerusakan otot, serta rasa ngantuk berlebihan.

2. Antibiotik dan susu

Minum susu setelah konsumsi obat sudah lama dilarang, sebab dapat mengganggu proses penyerapan obat oleh tubuh. Termasuk pada obat jenis antibiotik Cipro, tetra, dan fluoroquinolones, yang berakibat efektifitas melawan infeksi jadi menurun.

3. Antidepresan dan daging

ADA beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan waktunya dengan jenis minuman atau makanan tertentu. Mengapa? "Dikhawatirkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News