Babinsa Malang Ini Sulap Lereng Gunung Bromo Jadi Agrowisata Kopi

Babinsa Malang Ini Sulap Lereng Gunung Bromo Jadi Agrowisata Kopi
Babinsa Serka Heri Purnomo. Foto: Dok Dispen AD

jpnn.com, JAKARTA - Sosok Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Heri Purnomo yang ada di Desa Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur patut diapreasi.

Pasalnya, sejak 2010, dia menjadikan kaki lereng Gunung Bromo menjadi kebun kopi. Bahkan, dia memberdayakan warga untuk kembali menjadi petani kopi dan menjual produk kopi.

Seperti dikutip dari akun YouTube TNI AD, Heri juga membangun wisata kebun kopi yang bisa dikunjungi ratusan pelancong setiap harinya.

Pada era 1970-an hingga 1980-an Desa Taji, Kecamatan Jabung merupakan salah satu desa penghasil kopi yang cukup ternama.

Namun kemudian mati suri sejak ditinggal para petani setempat untuk menanam sayur mayur.

Dia lantas berpikir agar kembali membudidayakan kopi bersama beberapa warga dan akhirnya kembali berkembang dinikmati seperti sekarang ini. Heri juga memproduksi kopi kemasan dengan Merek Babinsa Taji.

Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengatakan, dalam beberapa waktu belakangan, memang petugas Babinsa menjalani sejumlah program-program dengan harapkan bisa mengatasi kesulitan warga di wilayah binaan.

“Kami beri motivasi dan materi, agar berkreasi, jika ada masalah laporkan masalah, keluhan masyarakat apa, jika kita bisa bantu, kita bantu," ujar Yusub. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Babinsa Serka Heri Purnomo yang tinggal di Malang, Jawa Timur, menyulap lereng gunung Bromo menjadi agrowisata kopi.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News