Bahan Makanan ini Sebaiknya Disimpan dalam Suhu Ruang

Bahan Makanan ini Sebaiknya Disimpan dalam Suhu Ruang
Bawang Putih. ILUSTRASI. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Beberapa jenis makanan ada yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Pasalnya, beberapa makanan malah cepat rusak, bahkan menjadi racun, jika dimasukkan ke lemari es. Salah satu makanan tersebut adalah kentang.

Bagaimana menyimpan dan mengolah kentang yang benar?

Intinya, hindari menyimpan kentang di dalam kulkas dan jangan memasak kentang terlalu lama atau hingga berubah kecokelatan, khususnya saat digoreng. Cukup simpan saja pada lemari penyimpanan di dapur Anda dan usahakan lemari tersebut bersih.

Selain itu, jangan simpan kentang dan umbi-umbian lainnya lebih dari 3 minggu. Sebab, mengonsumsi kentang yang disimpan lebih dari 3 minggu akan berisiko terkena infeksi bakteri yang tumbuh pada bahan makanan tersebut. Alhasil, bukannya mendapatkan kebaikan dari karbohidratnya, malah mengalami keracunan makanan.

Berikut bahan makanan lain yang sebaiknya disimpan dalam suhu ruang

Selain kentang, inilah bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas dan disimpan saja pada suhu ruang (sudah dibuka kemasannya):

- Bawang putih dan merah (maksimal 2 bulan)
- Tomat (maksimal 3 hari)
- Ubi (3 minggu)
- Biji kopi (1 tahun)
- Pasta kering (2 tahun)
- Madu (1 tahun)
- Saos (1 tahun)
- Sirup (1 tahun)
- Selai kacang (9 bulan)
- Minyak zaitun (1 tahun)
- Cuka (2 tahun)

Jadi, tak semua bahan makanan akan awet dan terjaga nutrisinya saat disimpan di dalam kulkas. Simpanlah kentang dalam suhu ruang saja supaya tidak mengubah pati di dalamnya menjadi gula, yang jika diolah akan berubah menjadi zat kimia acrylamide pemicu kanker.

Cukup simpan saja pada lemari penyimpanan di dapur Anda dan usahakan lemari tersebut bersih.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News