Bahaya BPA Tak Terbantahkan, BPOM Lakukan Ini

Bahaya BPA Tak Terbantahkan, BPOM Lakukan Ini
Inisiatif BPOM terkait regulasi pelabelan risiko BPA banjir dukungan . Foto ilustrasi: antaranews.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito menyebut pelabelan BPA perlu dilakukan agar publik mendapat haknya mengetahui informasi produk yang dikonsumsi.

Dia menyampaikan hal tersebut dalam sebuah sarasehan peingatan Hari Keamanan Pangan Sedunia pada 7 Juni lalu.

"Pelabelan juga untuk mengantisipasi munculnya gugatan hukum terkait keamanan produk air kemasan yang tertuju pada pemerintah dan kalangan produsen di masa datang," katanya.

Menurut BPOM, penelitian dan riset mutakhir di berbagai negara, termasuk Indonesia, menunjukkan BPA bisa memicu perubahan sistem hormon tubuh.

Selain itu, memunculkan gangguan kesehatan termasuk kemandulan, penurunan jumlah dan kualitas cairan pria, gangguan libido, dan sulit ejakulasi.

Paparan BPA juga disebutkan bisa memicu gangguan penyakit tidak menular semisal diabetes dan obesitas, gangguan sistem kardiovaskular, gangguan ginjal kronis, kanker prostat dan kanker payudara.

Sementara pada anak-anak, paparan BPA dapat memunculkan gangguan perkembangan kesehatan mental dan autisme.

Dukungan Industri dan Asosiasi

Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk produsen air kemasan brand Cleo Nio Eko Susilo mengapresiasi komitmen BPOM dalam menggulirkan regulasi pelabelan BPA.

BPOM menyebut pelabelan BPA perlu dilakukan agar publik mendapat haknya mengetahui informasi produk yang dikonsumsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News