Bambang Hendarso akan Gantikan Sutanto

Bambang Hendarso akan Gantikan Sutanto
Bambang Hendarso akan Gantikan Sutanto
JAKARTA - Ketua DPR Agung Laksono mengatakan, DPR segera akan memproses surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait pengajuan nama Kepala Badan Reskrim Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Sutanto. ''Hari ini, beberapa jam yang lalu, saya baru menerima suratnya. Dan saya berharap DPR akan segera bisa memproses,'' ujar Agung kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (10/9).

Seperti pergantian sebelumnya, ketika mengajukan Jenderal Sutanto sebagai Kapolri, Presiden SBY kali ini juga hanya mengajukan satu nama saja. Tentang pengajuan calon tunggal Kapolri, Agung menyatakan tidak menyalahi aturan. ''Presiden memang boleh mengajukan beberapa nama. Tetapi, pengajuan satu nama juga tidak menyalahi UU,'' Agung menegaskan.

Surat Presiden tentang penggantian Kapolri ini sekaligus juga menepis berbagai spekulasi tentang akan diperpanjangnya jabatan Sutanto sebagai Kapolri. "Semula memang muncul wacana perpanjangan masa jabatan Sutanto. tetapi semua itu tergantung Presiden," kata Agung.

Sementara Jenderal Pol Sutanto memasuki masa pensioun sejak 1 Oktober 2008. Dengan demikian, sebelum masa lebaran mendatang, Indonesia sudah memiliki Kapolri baru.

"Terhadap surat dari Presiden, kami segera memprosesnya sesuai mekanisme yang ada. Surat akan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR selanjutnya dibahas di Bamus," katanya. Agung berharap, proses pergantian Kapolri bisa diselesaikan tepat waktu. ''Sehingga, ketika Pak Sutanto sudah memasuki masa pensiun, penggantinya sudah ada,'' Agung menambahkan. (rie/JPNN)

JAKARTA - Ketua DPR Agung Laksono mengatakan, DPR segera akan memproses surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait pengajuan nama Kepala Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News