Bambang Soesatyo: Saya YouTuber Juga Bro, Dibayar Dolar

Bambang Soesatyo: Saya YouTuber Juga Bro, Dibayar Dolar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam studium generale secara virtual besutan Universitas Terbuka. Foto: tangkapan layar YouTube Universitas Terbuka TV

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan ekonomi kreatif di era digital berkembang pesat.

Para gamers, YouTubers, selebgram banyak dari kalangan milenial. Bahkan, tidak sedikit selebritas ikut menekuni bisnis digital ekonomi kreatif.

Dia mencontohkan Atta Halilintar, Ria Ricis, Irfan Hakim, Raffi Ahmad, Baim Wong, Deddy Corbuzier. 

"Mereka adalah contoh orang-orang yang berhasil di ekonomi digital. Pengikutnya jutaan hingga puluhan juta dengan pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulan," kata Bambang dalam studium generale secara virtual besutan Universitas Terbuka, Rabu (15/12).

Apa yang dilakukan para YouTuber itu kata politikus Partai Golkar ini, bisa dilakukan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) juga. Kuncinya hanya kemauan, inovatif, dan kreatif.

Menjadi YouTuber, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan modal besar. Yang ingin jualan baju tidak perlu punya toko dan pabrik. Yang ingin jualan bakso, makanan, tidak perlu buat restoran. Cukup dengan ponsel semuanya bisa dilakukan lewat online asalkan kreatif.

"Mahasiswa harus kreatif, idenya harus banyak," ujarnya.

Berbicara modal di era sekarang, lanjut Bambang, sudah jadul. Yang dibutuhkan sekarang adalah kreativitas. Sekarang ini orang jualan narasi, daya tarik. Gunakan handphone bukan hanya untuk pacaran, tetapi buat kanal YouTube.

Di depan para civitas academica Universitas Terbuka, Bambang Soesatyo mengaku dirinya seorang YouTuber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News