Bamsoet Ajak Mahasiswa Pascasarjana USU Bantu Pecahkan Persoalan Bangsa

Bamsoet Ajak Mahasiswa Pascasarjana USU Bantu Pecahkan Persoalan Bangsa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kiprah Universitas Sumatera Utara (USU) yang menurut pemeringkatan Webometrics pada tahun 2020 berhasil meraih posisi 8 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Hal itu menurut Bamsoet sebuah capaian luar biasa mengingat pada tahun 2018, USU menduduki peringkat ke-33, dan pada tahun 2019 peringkat ke-18. Progress yang konsisten ini menunjukkan bahwa kampus itu melangkah ke arah dan jalur yang tepat.

"Berbagai prestasi yang telah dicapai, tidak boleh membuat USU berpuas diri. kata Bamsoet saat mengisi kuliah umum Pascasarjana USU, secara virtual dari Jakarta, Senin (28/9).

Hadir dalam forum itu antara lain Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, Direktur Sekolah Pascasarjana USU Prof. Dr. Robert Sibarani, dan pakar ekonomi Prof. Dr. John Hutagaol.

Bamsoet mengatakan bahwa ke depan masih banyak kesempatan bagi kampus ini untuk menorehkan prestasi dan mewujudkan visi USU sebagai perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

Ketua ke-20 DPR RI ini mengungkapkan, mahasiswa pascasarjana harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis, serta bisa memecahkan persoalan (problem solving).

Dengan berbagai kemampuan tersebut, diharapkan para mahasiswa pascasarjana sebagai sumber daya dan aset bangsa dapat memberikan kontribusi optimal dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang semakin kompleks dan dinamis seiring laju pertumbuhan zaman.

Saat ini, katanya, bangsa ini sedang dihadapkan pada era disrupsi, di mana kemajuan teknologi telah mengubah tatanan konvensional yang sebelumnya diasumsikan sebagai sebuah kemapanan dan menghadirkan tatanan baru yang mengoreksi makna kemapanan itu.

Mahasiswa pascasarjana USU bisa ikut berkontribusi dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News