Bamsoet: Sebaiknya Capres Tampil Natural Saat Debat

Bamsoet: Sebaiknya Capres Tampil Natural Saat Debat
Pasangan Prabowo - Sandiaga dan Jokowi - Ma'ruf. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Debat perdana capres dan cawapres di gedung Bidakara, Jakarta Selatan, yang mengangkat tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme, tinggal hitungan jam. Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin alias Jokowi - Kiai Ma'ruf dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno atau Prabowo - Sandi, sudah siap menjalani debat tersebut. Penyelenggara, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun aparat keamanan sudah siap.

Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap debat perdana ini berjalan lancar dan memberikan gambaran kepada masyarakat akan dibawa ke mana bangsa ini ke depan.

Masyarakat akan melihat bagaimana visi masing-masing paslon tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

“Kami harapkan masyarakat mendapatkan penjelasan yang utuh, runtut, memberikan wawasan bagaimana peta jalan hukum, pemberantasan korupsi, dan mengatasi terorisme ke depan,” kata Bambang di gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/1).

Politikus Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu menambahkan, perdebatan dalam suatu acara antara satu dengan lainnya harus natural. Tidak bisa diarah-arahkan. Jadi, sangat tergantung kepada individunya masing-masing. Kalau seorang penyerang pasti akan tunjukkan gaya-gaya penyerangan dalam perdebatan. Tetapi, kalau memang gaya defensif, bertahan, atau yang santun, pasti apa pun pertanyaan yang diarahkan kepadanya, akan dijawab dengan soft.

"Jadi sangat tergantung kepada individu atau karakter masing-masing. Beda kalau Fadli Zon sama Fahri Hamzah (yang berdebat), pasti seru. Karena dua-duanya style-nya penyerang,” ujarnya.

Jadi, menuru Bamsoet lagi, sebaiknya para paslon tampil natural saja saat debat. Sebab, bagaimanapun rakyat ingin melihat pemimpinnya lima tahun ke depan sebagaimana adanya.

“Tidak jadi orang lain,” tegas mantan wartawan itu.(boy/jpnn)


Bambang Soesatyo berharap debat perdana ini berjalan lancar dan memberikan gambaran kepada masyarakat akan dibawa ke mana bangsa ini ke depan.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News