Bandara Tak Berfungsi, Digerojok Rp 18 M Lagi

Runway Notohadinegoro Jember Diperpanjang

Bandara Tak Berfungsi, Digerojok Rp 18 M Lagi
Bandara Tak Berfungsi, Digerojok Rp 18 M Lagi

jpnn.com - JEMBER - Perpanjangan Bandara Notohadinegoro di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, terus dikebut. Berdasar draf kontrak pekerjaan, runway tersebut bisa digunakan mulai 27 Desember ini. Namun demikian, belum bisa dipastikan kapan pesawat diujicobakan.

"Kami akan mengintensifkan komunikasi dengan maskapai agar segera beroperasi," tegas Mohammad Asir, ketua Komisi C DPRD Jember.

Beberapa waktu lalu, pihaknya bertemu maskapai penerbangan Garuda Indonesia (GI) dan Dinas Perhubungan Jember. Namun, masih ada kendala pokok soal kapasitas runway, yakni belum mencukupi jika pesawat besar melewati rute Jember ini.

Badan otoritas penerbangan dari Surabaya menjelaskan, saat ini minimal pesawat penumpang yang bisa digunakan untuk landas di Jember adalah pesawat yang berkapasitas maksimal 70 orang. Padahal, runway di Bandara Notohadinegoro sebelum diperpanjang hanya 1.200 meter.

Panjang ini hanya bisa dipakai untuk pesawat penumpang berkapasitas 30 orang. "Jadi, sekarang Pemkab Jember minimal harus menambah 200 meter lagi untuk menuju peningkatan kapasitas penumpang 70 orang itu tadi," ujarnya.

Asir menambahkan, pertengahan Desember ini pihaknya mengintensifkan komunikasi dengan Garuda agar bisa melakukan uji coba. Dengan demikian, pada awal 2014, bandara yang vakum sejak 2007 tersebut bisa dioperasikan lagi.

Bahkan, pada 2014, direncanakan ada penganggaran untuk membenahi infrastruktur bandara yang saat ini banyak yang rusak. "Misalnya, pagar dan juga penerangan jalan umum," ujarnya. Pihaknya akan mengalokasikan sekitar Rp 18 miliar untuk pembenahan fasilitas dan sistem pengamanan bandara.

Sementara itu, Yudi, perwakilan PT Sanjaya yang mengerjakan proyek perpanjangan runway, menjelaskan, tidak lebih dari seminggu lagi perpanjangan landasan pacu pesawat di Bandara Notohadinegoro rampung. Setelah itu, runway tersebut akan diuji kelayakan oleh Dinas Perhubungan Jember dengan tenggang hingga 27 Desember.

JEMBER - Perpanjangan Bandara Notohadinegoro di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, terus dikebut. Berdasar draf kontrak pekerjaan, runway tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News