Jumat, 15 Desember 2017 – 11:35 WIB

Bangunan Tua Menara Pandang Kalimas dengan Ikon Suro dan Boyo

Sabtu, 03 Juni 2017 – 21:18 WIB
Bangunan Tua Menara Pandang Kalimas dengan Ikon Suro dan Boyo - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Menara Pandang yang ada di Jalan Kalimas Baru menjadi bangunan kuno yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Pada bangunan menara yang difungsikan untuk memantau aktivitas bongkar muat di bantaran sungai Kalimas ini terdapat lambang ikan suro dan buaya, khas lambang kota Surabaya.

=============================
Ibnani Yazin - Radar Surabaya
=============================

Padahal bangunan ini dibangun bukan oleh orang pribumi. Ada cerita menarik tentang itu. Dua hewan khas lambang Kota Pahlawan itu posisinya berada di bagian depan menara pandang.

Tepatnya bagian depan sebelah kiri bangunan tua itu. Posisinya sangat mencolok, namun jika dilihat dari kejauhan tidak seperti gambar ikan suro dan buaya.

“Iya memang ini bangunan kuno Belanda dan untuk menandakan bahwa ini adalah pelabuhan yang terletak di kota Surabaya. Oleh yang membanguan disisipi logo Surabaya, dengan menggambarkan ikan suro dan buaya,”, ujar Admin Surabaya Heritage, Chrisyandi kepada Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Namun gambar suro dan boyo yang tertera di menara tersebut tidak seperti halnya lambang kota Surabaya yang sering dijumpai saat ini.

Bentuk sederhana yang tertera di menara ini hanya ikan suro berada diatas dengan mengok ke bawah.

SHARES
loading...
loading...
Komentar