Banyak Jaksa Nakal, Marwan Malu

Banyak Jaksa Nakal, Marwan Malu
Banyak Jaksa Nakal, Marwan Malu
JAKARTA- Enam bulan menjabat Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was), Marwan Effendy mengaku cukup dibuat malu dengan ulah para jaksa. Mulai dari jaksa penipu, menyalahgunakan wewenang, memeras, menggelapkan barang bukti, sampai pengguna narkoba sempat ditemui, kemudian harus dijatuhi sanksi. Namun diakui, kasus yang paling mencoreng jajaran Adhyaksa tak lain dari pemalsuan surat rencanan tuntutan Gayus Tambunan yang diduga dilakukan jaksa Cirus Sinaga.

"Malu saya jadi JAM Was banyak sekali berita (soal jaksa nakal)," kata Marwan, Jumat (19/11). Padahal, lanjut dia, saat Jaksa Agung masih dijabat Hendarman Supandji, kejaksaan sudah menambah 6-7 tata tertib yang bertujuan agar para penuntut umum ini bekerja sesuai aturan. Tapi apa lacur, dari Sabang sampai Merauke, dari jaksa pemula sampai setingkat asisten di Kejaksaan Tinggi, ada saja oknum jaksa bermasalah.

Beberapa kasus dan nama sempat disebut Marwan. Misalnya kasus jaksa bernama Marah Sutan Harahap di Medan yang dilaporkan ke polisi karena memeras. Juga karena memeras, Asisten Intelijen dan Asisten Pidana Khusus serta seorang penyidik dari Kejati Kaltim dicopot jabatannya. "Ada juga Aswas (Asisten Pengawasan) Kejati Papua, juga di Lampung. Jaksanya diduga melakukan penyalahgunaan wewenang. Termasuk Kasubsi Penyidikan Pidsus di Kejari Bangil, Jawa Timur yang kedapatan pesta sabu-sabu dan kini tengah diproses kepolisian setempat.

Tak heran sejak dilantik akhir Mei lalu, Marwan mengaku sudah menjatuhkan berbagai sanksi disiplin mulai dari surat tegutan sampai pencopotan dari jabatan. Untuk penyelewengan berbau pidana seperti penggunaan narkoba dan pemalsuan, Marwan mengaku tak ragu untuk diselesaikan secara pidana. Jaksa Bangil dan Cirus adalah contohnya. "Kalau yang begitu-begitu kita serahkan ke polisi lah, daripada kita pusing-pusing," tegasnya. (pra/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Gayus Hadapi Empat Kasus

JAKARTA- Enam bulan menjabat Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was), Marwan Effendy mengaku cukup dibuat malu dengan ulah para jaksa. Mulai dari jaksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News