Banyak Peminat, Tahun Ini Tiga Ribu Guru Pensiun

Banyak Peminat, Tahun Ini Tiga Ribu Guru Pensiun
Banyak Peminat, Tahun Ini Tiga Ribu Guru Pensiun

SURABAYA - Tahun ini Jatim nyaris kekurangan tenaga pendidik. Sebab, ada 3.387 guru yang bakal pensiun. Namun, kekosongan tersebut bisa segera terisi karena tingginya minat menjadi guru.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikbud Jatim Gatot Gunarso mengatakan, sejatinya angka pensiun 3.387 guru di Jatim itu tidak begitu tinggi. "Jika dibagi dengan jumlah kabupaten/kota di Jatim, angka guru yang pensiun tersebut tidak begitu tinggi," jelasnya. 

Hanya, jumlah guru yang pensiun tidak sama di berbagai daerah. Ada kabupaten/kota yang jumlah gurunya mencukupi. Tetapi, rata-rata kekurangan tenaga pendidik. Jika angka guru yang masa kerjanya berakhir itu konstan terjadi tiap tahun dan tidak diimbangi dengan suplai tenaga pendidik baru, Jatim bisa mengalami defisit. 

Untung, kata Gatot, animo masyarakat untuk menjadi guru kini jauh lebih tinggi ketimbang beberapa tahun lalu. Di beberapa LPTK seperti Unesa dan Universitas Negeri Malang (UM), jumlah peminat jurusan pendidikan guru SD (PGSD) semakin banyak. Tingginya animo masyarakat menjadi pendidik itu diduga disebabkan adanya tunjangan profesi guru (TPG). "Ternyata faktor kesejahteraan sangat memengaruhi animo masyarakat untuk menjadi guru," ungkapnya. 

SURABAYA - Tahun ini Jatim nyaris kekurangan tenaga pendidik. Sebab, ada 3.387 guru yang bakal pensiun. Namun, kekosongan tersebut bisa segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News