Senin, 10 Desember 2018 – 10:09 WIB

Batasi Asupan Makanan Hingga 10 Jam

Selasa, 04 Desember 2018 – 20:54 WIB
Batasi Asupan Makanan Hingga 10 Jam - JPNN.COM

jpnn.com - Meski banyak sekali diet yang mungkin sudah Anda coba, namun kesederhanaan dalam diet pada akhirnya merupakan kunci untuk kesehatan yang baik dan membebaskan Anda dari berbagai penyakit.

Bahkan, trik sederhana untuk memakan semua makanan dalam 10 jam sehari bisa memulihkan keseimbangan Anda, mencegah penyakit metabolik dan menjaga kesehatan.

"Bagi banyak dari kita, hari dimulai dengan secangkir kopi pertama di pagi hari dan diakhiri dengan camilan tidur 14 atau 15 jam kemudian," kata Satchidananda Panda, Profesor di Salk Institute, seperti dilansir laman India Times, Senin (3/12).

"Tapi membatasi asupan makanan hingga 10 jam sehari bisa mengarah pada kesehatan yang lebih baik, terlepas dari jam biologis kita," tambah Panda.

Para peneliti studi menemukan bahwa jam sirkadian kita (jam tubuh internal) menyerang keseimbangan antara nutrisi yang kita butuhkan pada siang hari ketika kita perlu makan dan perbaikan serta peremajaan selama keadaan berpuasa.

Ketika jam internal ini terganggu, seperti ketika manusia melakukan kerja shift atau ketika itu terganggu karena cacat genetik, maka keseimbangan akan rusak dan penyakit muncul.

Untuk penelitian, yang muncul dalam jurnal Cell Metabolism, tim menonaktifkan gen yang bertanggung jawab untuk menjaga jam biologis pada tikus, termasuk di hati, yang mengatur banyak fungsi metabolisme.

Jam sirkadian kita melemah saat bertambah tua. Jadi, kerusakan terkait usia ini meningkatkan risiko kita untuk penyakit metabolik, penyakit jantung, kanker dan demensia.

SHARES
TAGS   Berat Badan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar