Bawa Backing, Direksi BUMN Bakal Dipecat

Sebabkan Direksi Tidak Kompak

Bawa Backing, Direksi BUMN Bakal Dipecat
Bawa Backing, Direksi BUMN Bakal Dipecat
JAKARTA - Upaya mendorong tata kelola perusahaan atau good corporate governance terus digelorakan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kali ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengancam jika ada direksi BUMN yang membawa backing untuk mengintervensi BUMN, maka akan dipecat.

Dahlan mengatakan, sebenarnya, pihak luar itu tidak mengerti apa yang ada di internal BUMN. Sehingga, intervensi biasanya datang karena diundang oleh salah satu orang dalam. "Karena itu saya ancam, kalau ada direksi BUMN yang mengundang intervensi dari luar, maka akan saya berhentikan," ujarnya saat berbicara di forum Regional Public Sector Conference (RPSC) yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Rabu (9/11).

Menurut Dahlan, selama ini salah satu faktor utama yang menghambat perkembangan BUMN adalah tidak kompaknya direksi yang duduk di dewan direksi atau board of director (BoD). "Membenahi ini adalah salah satu pekerjaan paling sulit," katanya.

Dahlan menyebut, di lingkungan BUMN, banyak terjadi konflik sesama direksi. Penyebabnya, lanjut dia, mayoritas karena banyak direktur yang ingin naik jabatan menjadi direktur utama kemudian berniat menggulingkan direktur utama yang sedang menjabat.

JAKARTA - Upaya mendorong tata kelola perusahaan atau good corporate governance terus digelorakan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News