BBM Oktan Tinggi Bikin Mesin Kendaraan Jadi Awet

BBM Oktan Tinggi Bikin Mesin Kendaraan Jadi Awet
Konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Dealer Technical Support Dept. Head. PT Toyota-Astra Motor Didi Ahadi menyarankan masyarakat menggunakan BBM berkualitas tinggi atau RON 92, seperti Pertamax series.

Tujuannya, agar mesin kendaraan menjadi awet dan membuat emisi gas buang jadi rendah.

"Bahan bakar standar bisa disamakan dengan Pertamax, tentunya akan membuat emisi gas buang rendah, performa mesin baik dan awet," kata Didi Ahadi, Senin (18/7).

Mobil bertipe Low Cost Green Car (LCGC) pun memiliki standar bahan bakar dengan RON 92.

Apalagi, kendaraan dengan harga terjangkau tersebut juga dirancang untuk ramah lingkungan karena emisinya rendah.

Namun kenyataannya, banyak kendaraan LCGC yang justru diisi dengan BBM di bawah RON 92. Karena pemakaian BBM yang tidak sesuai itulah, banyak kasus penurunan performa mesin, akibat kerak karbon yang menumpuk di ruang bakar.

"Ini yang mengakibatkan emisi menjadi tinggi dan timbulnya gejala knocking/ngelitik pada mesin. Selain berpotensi merusak mesin, juga membuat konsumsi BBM menjadi boros," ujar Didi.

Dia menerangkan, setiap kendaraan memiliki standarisasi penggunaan BBM yang berbeda-beda. Namun  idealnya, memang dengan menggunakan BBM RON tinggi seperti Pertamax series.

Bahan bakar standar bisa disamakan dengan Pertamax, tentunya akan membuat emisi gas buang rendah, performa mesin baik dan awet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News