Bea Cukai Bahas Ekspor Bersama Pemda untuk Dorong Pemulihan Ekonomi

Bea Cukai Bahas Ekspor Bersama Pemda untuk Dorong Pemulihan Ekonomi
Bea Cukai berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membahas ekspor. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk membahas ekspor demi pemulihan ekonomi. Kolaborasi dilakukan Bea Cukai Jambi, Yogyakarta, Jember, dan Ambon.

Bea Cukai Jambi melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Kerinci pada Kamis, 29 Juni 2022, untuk mendorong UMKM melakukan ekspor secara langsung. 

Kabupaten Kerinci mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah, di antaranya, kopi, kayu manis, teh, hingga ikan semah.

Di Yogyakarta, Bea Cukai berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi D.I.Yogyakarta dan para pengekspor dan forwarder di wilayah D.I.Yogyakarta (8/6). 

Dalam pertemuan ini, dilakukan pembahasan terkait penyelarasan antara Surat Keterangan Asal (SKA) dengan pengisian pemberitahuan ekspor barang (PEB).

“Bea Cukai siap bersinergi mengembangkan potensi ekspor serta memfasilitasi perdagangan komoditas di berbagai daerah agar dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Edukasi, fasilitas kepabeanan, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lain demi terwujudnya perekonomian lebih baik,” ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Sementara itu, Bea Cukai Jember mengajak para pengusaha kawasan berikat dan para pengusaha rokok di wilayahnya melakukan audiensi bersama Pemkab Jember. Kabupaten Jember memiliki berbagai produk unggulan seperti tembakau, kopi, dan kakao. 

“Bea Cukai siap membangun kolaborasi untuk bersama meningkatkan dan mendorong pelaku usaha di Jember untuk berkembang secara global dengan layanan ekspor yang kami beri,” ujar Hatta.

Bea Cukai membahas ekspor bersama pemda untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News