Bea Cukai dan BNN Sita 309 Kg Sabu-Sabu Lewat Operasi Laut di Samudra Hindia

Bea Cukai dan BNN Sita 309 Kg Sabu-Sabu Lewat Operasi Laut di Samudra Hindia
Petugas Bea Cukai bersama BNN saat menyita ratusan bungkus sabu-sabu saat menggelar operasi laut South Sea Operation di perairan Samudra Hindia. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, CILEGON - Bea Cukai bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita 309 kilogram sabu-sabu saat menggelar operasi laut South Sea Operation di perairan Samudra Hindia.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto mengungkapkan penindakan ini berawal dari informasi yang menyebutkan terdapat narkotika dalam sebuah kapal yang berlayar menuju pesisir barat Sumatra dan Laut Selatan Jawa dari arah perairan Samudra Hindia.

Menindaklanjuti informasi itu, dibentuk tim gabungan Bea Cukai dan BNN untuk melaksanakan operasi laut South Sea Operation yang melibatkan kapal patroli laut Bea Cukai BC 30004 dan BC 7002.

"Petugas menemukan kapal target pada sekitar 96 nautical mill dari garis Pantai Selatan Banten serta melakukan pemeriksaan umum dokumen anak buah kapal (ABK) dan permukaan kapal," bebernya.

Selanjutnya, kata Nirwala, petugas melaksanakan pengamanan tersangka, yaitu delapan ABK  berkewarganegaraan Iran dan penarikan kapal.

Kapal ditarik dan disandarkan di dermaga PT Indah Kiat Merak Kota Cilegon yang merupakan area pengawasan Bea Cukai Merak.

Petugas kemudian melaksanakan pemeriksaan kapal dengan anjing pelacak K-9 Bea Cukai dan BNN, serta meminta keterangan para ABK.

Diketahui narkoba disembunyikan di concealment kapal, dan setelah dilakukan pembongkaran di dinding ruang palka tengah dekat mesin didapati 309 bungkus sabu-sabu.

Bea Cukai bersinergi BNN menyita 309 Kg sabu-sabu saat menggelar operasi laut di perairan Samudra Hindia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News