Bea Cukai Luncurkan Aplikasi Pemberitahuan Pabean Online di Makassar

Bea Cukai Luncurkan Aplikasi Pemberitahuan Pabean Online di Makassar
Petugas Bea Cukai saat mempraktekan aplikasi pemberitahuan pabean online. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR - Bea Cukai Sulawesi Selatan kembali menambah kemudahan bagi para pengguna jasa di wilayah Makassar melalui peluncuran Customs Declaration (CD) Online. Peluncuran aplikasi online tersebut tentu akan memudahkan bagi para penumpang pesawat luar negeri yang tiba di Makassar.

Kepala Kantor Bea Cukai Sulawesi Selatan, Padmoyo Tri Wikanto mengungkapkan bahwa penerapan pengisian Customs Declaration ini Sangkat mudah untuk para penumpang.

“Penumpang tidak harus mengisi CD secara manual karena point pengisiannya sama dengan CD manual dalam bentuk formulir, penumpang juga bisa mengisi sebelum keberangkatan di ruang tunggu luar negeri, sesampai di Bandara Makassar cukup dikoneksikan atau di scan QR kode pada handphone ke mesin pembaca QR Qode milik petugas Bea Cukai,” ungkap Padmoyo.

Padmoyo menambahkan bahwa aplikasi ini bertujuan memudahkan penumpang dan awak sarana pengangkut dalam pengisian data pribadi dan barang bawaannya. Dirinya juga mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut bisa diunduh di playstore.

“Pengguna dapat membuka Google Playstore di Android dan melakukan pencarian aplikasi e-CD (Customs Declaration),” ujar Padmoyo.

Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirrahman turut mengungkapkan bahwa kemudahan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan Bea Cukai kepada masyarakat.

“Selain pertimbangan "paperless, semoga dengan adanya inovasi ini bisa lebih mempermudah masyarakat memperlancar arus penumpang di Bandara khususnya di kota Makassar,” ungkapnya. (jpnn)


Bea Cukai Sulawesi Selatan kembali menambah kemudahan bagi para pengguna jasa di wilayah Makassar melalui peluncuran Customs Declaration (CD) Online.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News