Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Eks Kepabeanan

Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Eks Kepabeanan
Bea cukai sedang musnakan barang eks kepabeanan. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersama instansi kembali melakukan pemusanahan barang hasil penindakan eks kepabeanan dan cukai di beberapa wilayah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Tubagus Firman Hermansjah mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghindari penyalahgunaan dan menghilangkan nilai guna dari barang hasil penindakan tersebut.

Menurut dia, Bea Cukai Riau bersama Dumai melakukan pemusnahan barang hasil penindakan berupa 2,8 juta batang rokok ilegal, 2.398 liter miras ilegal, dan lebih dari 250 karung garmen.

"Jumlah barang sebanyak ini, Bea Cukai mengamankan sekitar Rp 2,3 miliar kerugian negara,” ungkao Firman dalam siaran persnya, Kamis (14/10).

Selain itu, kata dia , Bea Cukai Tanjung Emas melakuka hal serupa dengan pemusnahan barang hasil penindakan eks kepabeanan dan cukai dari importasi melalui Pelabuhan Tanjung Emas.

Adapun pemusnahan itu berupa barang kiriman dan barang bawaan penumpang dengan nilai barang sebesar Rp 2,1 miliar.

Pemusnahan itu dilakukan dua kali, pada Jumat (8/10) di tempat Penimbunan Pabean, dan Selasa (12/10) di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

"Barang yang dimusnahkan sangat beragam, antara lain miras, mesin bitcoin, sepatu, makanan hewan, refrigerant R-22, ratusan unit elektronik, senjata tajam, sextoys, kosmetik, serta produk pertanian, obat dan suplemen, juga alat kesehatan,” ujar Firman.

Bea Cukai bersama instansi kembali melakukan pemusanahan barang hasil penindakan eks kepabeanan dan cukai di beberapa wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News