Bea Cukai Punya Program untuk Mendorong Ekspor UMKM Daerah, Pengusaha Wajib Tahu

Bea Cukai Punya Program untuk Mendorong Ekspor UMKM Daerah, Pengusaha Wajib Tahu
Bea Cukai berupaya melakukan peningkatan ekspor UMKM dari daerah di Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya meningkatkan ekspor dengan melakukan asistensi ke berbagai perusahaan untuk menggali potensi dan memberikan edukasi terkait pada pengusaha di daerah masing-masing.

Hal ini dilakukan untuk menggalakkan ekspor dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana menyebutkan kegiatan asistensi ekspor kali ini dilakukan oleh Bea Cukai di beberapa daerah diantaranya Makassar, Pontianak, Langsa, Tarakan, Semarang, dan Gresik.

Menurutnya untuk peningkatan mutu ekspor kelautan dan perikanan guna pencegahan kasus penolakan oleh negara buyer, Bea Cukai Makassar memberi edukasi kepada peserta Unit Pengolahan Ikan (UPI) terkait ekspor dan impor produk kelautan dan perikanan.

"Sekaligus memperkenalkan terkait National Logistics Ecosystem-Makassar yang akan segera dijalankan dalam waktu dekat," kata Hatta, di Jakarta, Kamis (3/6).

Selain itu, kata Hatta, tim percepatan ekspor Bea Cukai Pontianak melaksanakan asistensi kepada Asosiasi Eksportir Bucephalandra yang bergabung dalam Gabungan Pengusaha Bucephalandra Indonesia (GPBI) terkait Kode HS untuk Tanaman Hias Buce (Bucephalandra sp.).

Hatta menyebut dalam asistensi tersebut eksportir dapat melakukan ekspor lewat Pontianak dengan mengurus sendiri dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) di Kantor Bea Cukai Pontianak dengan mekanisme Form 3D (Multimoda).

Memasuki akhir triwulan kedua 2021, Bea Cukai Langsa juga memberikan asistensi untuk kegiatan ekspor yang dilakukan dalam waktu bersamaan oleh dua eksportir, pada Selasa (1/6) yang ada di Kota Langsa.

Bea Cukai berupaya melakukan peningkatan ekspor UMKM dari daerah di Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News