Bebaskan Perempuan dari Kanker Payudara dengan Kombinasi Obat

Bebaskan Perempuan dari Kanker Payudara dengan Kombinasi Obat
Bebaskan Perempuan dari Kanker Payudara dengan Kombinasi Obat

jpnn.com - KANKER payudara adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Namun demikian, kanker payudara memang lebih sering menyerang kaum perempuan.  

Tapi kini, para ilmuwan telah menemukan kombinasi obat yang ampuh untuk pasien kanker payudara. Dari penelitian terhadap 99 perempuan, mereka terbebas dari kanker payudara setelah diberi kombinasi herseptin dan taxol selama tiga tahun.

Herceptin biasanya digunakan untuk mengobati kanker payudara fase awal maupun ketika kanker telah menyebar ke limfa. Sedangkan taxol adalah obat antikanker yang biasa digunakan untuk kemoterapi kanker.

Para peneliti melakukan serangkaian pengujian pada pasien-pasien penderita kanker payudara jenis tertentu yang kankernya merespons ketika diberi herceptin. Hasilnya, tumor pada pasien-pasien tersebut tidak menyebar sampai kelenjar getah bening.

Pada penelitian itu, datu di antara empat wanita penderita kanker payudara memiliki tumor dengan protein Human Epidermal Growth Factor Receptor-2, atau yang biasa disebut HER2. Protein ini yang membuat pertumbuhan sel kanker menjadi agresif dan berbahaya.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan pemberian herceptin dan taxol sangat efektif bekerja pada kanker payudara. Biasanya, pengobatan kanker mengakibatkan banyak efek samping. Tetapi tidak dengan kombinasi herceptin dan taxol. Kombinasi ini hanya memiliki sedikit efek samping. Dari 406 pasien yang diteliti, hanya 4 persen yang mengalami komplikasi serius seperi kerusakan syaraf dan gagal jantung nonpermanen.

"Ini berita bagus untuk para pasien dan dokter mereka," kata profesor Kathy Albain, seperti dilansir laman Belfast Telegraph, Senin (17/2). "Penelitian ini memberikan pilihan pengobatan baru untuk pasien, sangat efektif dan memiliki efek samping mininum," pungkas Kathy.(fny/jpnn)

 


KANKER payudara adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Namun demikian, kanker payudara memang lebih sering


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News