Begini Cara Pembajak Tanker Malaysia Kelabuhi Aparat

Begini Cara Pembajak Tanker Malaysia Kelabuhi Aparat
Tanker Orkim Harmony. FOTO: twitter

jpnn.com - PEMBAJAK kapal punya cara tersendiri untuk mengelabuhi petugas saat menjalankan aksinya. Seperti perompak yang menyandera tanker Malaysia Orkim Harmony. Pelaku yang diduga warga negara Indonesia itu merubah sedikit fisik kapal yang membawa 6 ribu metrik ton BBM RON95. 

Ya, yang dirubah adalah nama pada lambung kapal. Huruf O dan R pada kata Orkim dan huruf Y pada kata Harmony disamarkan dengan dicat hitam. Dengan begitu, dari kejauhan, terbaca Kim Harmon. 

Namun, secerdik-cerdinya pembajak, angkatan laut Malaysia berhasil mengetahuinya. Pada Kamis (18/6) keberadaan tersebut berhasil ditemukan angkatan laut Malaysia. Kapal perang yang diterjunkan diberi tugas untuk membuntuti dan bernegosiasi dengan pelaku. 

Akhirnya pada Kamis malam delapan pelaku memilih kabur dengan menggunakan sekoci. Namun, mereka berhasil di tangkap di di Pulau Thochu, Vietnam. Beruntung, semua awak yang berjumlah 22 itu semuanya selamat dan sukses dievakuasi. 

"Kru kapal dilaporkan aman, kecuali koki yang terluka tembak di bagian paha. Koki tersebut adalah Mawit Matin, salah satu dari lima WNI ABK dalam kapal tersebut," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal.

Sementara itu, Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha memfasilitasi keluarga yang ingin bertemu dengan WNI yang menjadi kru kapal tersebut. (bil/kim/mas)


PEMBAJAK kapal punya cara tersendiri untuk mengelabuhi petugas saat menjalankan aksinya. Seperti perompak yang menyandera tanker Malaysia Orkim Harmony.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News