Begini Cara Pemda Mengantisipasi PON Papua Tak Menjadi Sumber Covid-19

Begini Cara Pemda Mengantisipasi PON Papua Tak Menjadi Sumber Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BPBD Kabupaten Jayapura memastikan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan PON XX di Papua.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jayapura Alpius Toam mengatakan hal itu dilakukan demi mencegah penularan Covid-19 selama terselenggaranya hajatan multicabang di Bumi Cenderawasih.

Alpius mencontohkan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang melakukan penambahan sentra vaksinasi di distrik tempat penyelenggaraan PON XX hingga penyediaan masker.

"Itu sudah ada persiapan, terutama pada saat teknis pencegahan," kata Alpius dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Kamis (7/10).

Selain itu, kata dia, Pemkab Jayapura berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua menyusun kebijakan tentang sosialisasi taat prokes.

"Itu sudah ada surat edaran yang dikeluarkan," ujarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Jayapura Joonie Kolang menyebut pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan matang agar penularan Covid-19 tidak terjadi selama PON XX di Papua.

Pemerintah Kota Jayapura bekerja sama dengan pemerintah pusat, BNPB, dan PT Pelni membuat program isolasi terpusat secara terapung.

Alpius Toam menyebut pihaknya melakukan antisipasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada PON Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News