Begini Kecanggihan Kamera ETLE yang Diterapkan di 8 Polda Hari Ini

Begini Kecanggihan Kamera ETLE yang Diterapkan di 8 Polda Hari Ini
Korlantas Polri meresmikan program sistem tilang elektronik nasional atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di delapan polda. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan program sistem tilang elektronik nasional atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di delapan polda.

Peresmian itu tepat pada perayaan HUT ke-67 Hari Lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh pada Kamis (22/9) hari ini.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi mengatakan dengan penambahan itu, tercatat sistem tilang elektronik tersebut telah terintegrasi di 34 polda, seluruh Indonesia.

"Launching ini sekaligus membuat ETLE telah beroperasi di 34 polda seluruh wilayah Indonesia," kata Firman di Lapangan Korlantas Polri, Jakarta Selatan pada Kamis.

Jenderal bintang dua itu mengatakan pada peresmian tahap satu dan dua, penerapan sistem tilang elektronik tersebut telah tersebar di 26 polda.

Perinciannya, peresmian tahap satu tersebar di 12 polda, sedangkan tahap dua sebanyak 14 polda.
 
Menurut Firman, program tilang elektronik di delapan polda itu merupakan peresmian tahap ketiga.

"Di launching tahap tiga ini, terdapat pengembangan dan pembaharuan berupa ETLE Mobile Device. Yakni perangkat elektronik yang digunakan secara portable dan mobile," ujar Firman.

Adapun sistem ETLE mobile device sendiri terbagi menjadi tiga, yakni ETLE Mobile On Board, ETEL Mobile Hand Held, dan ETLE Mobile Apps.
 
ETELE Mobile On Board adalah kamera ETLE portable yang dapat melakukan perekaman pelanggaran lalu lintas di titik rawan yang tidak terjangkau ETLE statis.
 
Lalu, ETLE Mobile Hand Held adalah smart gadget yang berfungsi sebagai alat capture pelanggaraan lalu lintas yang langsung terintegrasi dengan data ETLR nasional.
 
Kemudian, ETLE Mobile Apps merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan konfirmasi penindakan pelanggaran ETLE yang terintegrasi secara nasional.
 
Polri menekankan penambahan ETLE di delapan polda itu menandakan kehadiran total 270 kamera ETLE statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera speed cam di seluruh Indonesia.

Korlantas Polri meresmikan program sistem tilang elektronik nasional atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di delapan polda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News