Begini Reaksi Jokowi atas Kebijakan Imigrasi Trump

Begini Reaksi Jokowi atas Kebijakan Imigrasi Trump
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Presiden Joko Widodo menanggapi kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang telah menandatangani penangguhan penerimaan pengungsi dan untuk sementara membatasi kedatangan warga dari tujuh negara mayoritas muslim ke Negeri Paman Sam.

"Prinsip konstitusi, saya kira jelas, bahwa yang namanya keadilan, yang namanya kesetaraan, harus terus diperjuangkan," kata Presiden Jokowi usai menghadiri peluncuran kebijakan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor bagi industri kecil dan menengah di Sentra Kerajinan Tembaga Tumang, Kabupaten Boyolali, Senin (30/1).

Meski demikian, presiden memastikan bahwa kebijakan Presiden Amerika Serikat tersebut tidak menimbulkan dampak bagi warga negara Indonesia (WNI). Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk tetap tenang. "Kita tidak terkena dampak dari kebijakan itu, kenapa resah?" ujar Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui seluruh perwakilan RI Amerika Serikat meminta WNI di AS, tetap menghormati hukum setempat dan ikut menjaga ketertiban umum di lingkungan masing-masing.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi, Menlu Retno Marsudi, telah menginstruksikan seluruh perwakilan di Washington DC, Chicago, Houston, Los Angeles, New York, dan San Francisco untuk mengaktifkan layanan hotline 24 jam.

"Pemerintah Indonesia melalui perwakilan RI di seluruh Amerika Serikat terus mengamati perkembangan yang terjadi dan akan mengantisipasi dampak yang mungkin timbul bagi WNI," ujar Direktur Jenderal Perlindungan WNI-BHI Lalu Muhammad Iqbal dalam rilis tersebut. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menanggapi kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang telah menandatangani penangguhan penerimaan pengungsi dan untuk


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News