Begini Sikap Kompolnas Terkait Dua Ormas Bentrok di Medan

Begini Sikap Kompolnas Terkait Dua Ormas Bentrok di Medan
Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Sahputra Hasibuan. FOTO: DOK.Kompolnas

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Sahputra Hasibuan menyesalkan bentrok massa antara anggota organisasi kepemudaan Ikatan Pemuda Karya (IPK) dengan Pemuda Pancasila, yang terjadi di Medan, Sabtu (30/1) kemarin.

Ia menyesalkan peristiwa tersebut, karena tidak saja mengakibatkan korban jiwa, namun juga kerusakan sejumlah kendaraan dan terutama menimbulkan keresahan di tengah masyarakat Medan. Karena itu, Edi menilai Polri perlu menelusuri dugaan kelemahan aparatnya di lapangan. Terutama terkait ‎peran intelijen, Kapolda dan Kapoltabes Medan. 

“Jadi saya kira perlu ditelusuri kelemahan Polri, Kapolda dan Kapoltabes dalam hal ini.  Kalau ada kelalaian dan pembiaran, perlu ada teguran agar hal-hal tersebut tak terjadi lagi,” ujar Edi kepada JPNN, Minggu (31/1).

Menurut Edi, penelusuran perlu dilakukan apalagi sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti telah mengeluarkan perintah siaga  pada seluruh jajarannya hingga ke daerah, mengingat adanya ancaman bom yang terjadi di sekitar bilangan Sarinah, beberapa waktu lalu.

“Harusnya tidak perlu terjadi kasus Medan, karena sudah ada perintah Polda untuk siaga, tapi ternyata peristiwa itu tetap terjadi. Mudah-mudahan ini bukan karena keteledoran,” ujar Edi.

‎Selain itu Edi juga menyesalkan lemahnya antisipasi, karena bicara dari pengalaman, peristiwa bentrokan antar OKP di Medan sudah seringkali terjadi. Harusnya dari pengalaman tersebut, pihak kepolisian dapat menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

“Apalagi ‎sudah sering terjadi, kenapa kasus ini sampai terjadi atau tidak siap antisipasi. Makanya kami kira perlu dilakukan penelusuran secara mendalam," ujarnya.(gir/jpnn)


JAKARTA – Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Sahputra Hasibuan menyesalkan bentrok massa antara anggota organisasi kepemudaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News