Beginilah Rencana Universitas di Jepang Berikan Gelar Honoris Causa untuk Bu Mega

Beginilah Rencana Universitas di Jepang Berikan Gelar Honoris Causa untuk Bu Mega
Tim teknis Universitas Soka mempersiapkan prosesi penganugerahan Dr HC buat Megawati Soekarnoputri. Foto: Foto: Ara Antoni/JPNN.com

jpnn.com, TOKYO - Universitas Soka di Jepang siap menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau honoros causa (Dr HC) untuk Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri. Prosesi penganugerahan Dr HC bagi ketua umum PDI Perjuangan itu akan dilaksanakan Rabu (8/1) besok di kampus Universitas Soka.

Dalam rangka memastikan kesiapan acara tersebut, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri berkoordinasi dengan Universitas Soka. Rokhmin mengunjungi kampus Universitas Soka di Hachioji, sekitar 40 kilometer ke arah barat dari pusat kota Tokyo, Selasa (7/1).

Direktur Administratif Universitas Soka Hiroki Shimoide yang menerima Rokhmin mengaku telah menyiapkan acara dan tempat penganugerahan gelar Dr HC bagi Megawati. “Ibu Megawati menjadi orang kelima dari Indonesia yang menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Soka,” ujar Hiroki.

Orang pertama dari Indonesia yang menerima Dr HC dari Universitas Soka adalah Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tokoh lain penerima gelar kehormatan dari perguruan tinggi bergengsi di Jepang itu adalah Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI 2004-2009 M Jusuf Kalla, serta mantan Dubes RI untuk Jepang Jusuf Anwar.

Hiroki menjelaskan, petinggi dan mahasiswa Universitas Soka akan menyambut Megawati di lobi utama kampus di Central Tower. Di lobi utama itu ada patung perunggu sosok Leonardo Da Vinci.

“Patung ini jadi ikon Universitas Soka. Di antara penyambut Ibu Mega ada mahasiswa Universitas Soka yang pernah belajar di Indonesia,” tutur Hiroki.

Setelah penyambutan, Megawati akan dipandu melihat pameran di lobi utama Central Tower. Terdapat berbagai foto, patung dan benda-benda seni di lobi utama bangunan yang terdiri dari 17 lantai itu.

Setelah melihat pameran, Megawati akan masuk ke ruang aula utama di lantai 17 Central Tower untuk prosesi pemberian Dr HC. Setelah prosesi di Central Tower selesai, Megawati akan menuju Global Tower di kampus seluas 80 hektare itu untuk menyampaikan pidato.

Rokhmin Dahuri menilai persiapan teknis Universitas Soka jelang pemberian Dr HC untuk Megawati benar-benar luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News