JPNN.com

Belagia Tangguhkan Bantuan Untuk UNRWA

Sabtu, 03 Agustus 2019 – 05:46 WIB Belagia Tangguhkan Bantuan Untuk UNRWA - JPNN.com

jpnn.com, BRUSSEL - Belgia memutuskan untuk menangguhkan kontribusinya pada organisasi bantuan PBB untuk para pengungsi Palestina (UNRWA) pekan ini. Dengan demikian, Belgia menjadi negara ketiga yang melakukan hal itu, pasca sebuah laporan yang dibocorkan menuduh ada kesalahan manajemen di badan tersebut. Dua negara yang lebih dulu mengambil langkah tersebut adalah Belanda dan Swiss.

Temuan dalam laporan etika internal, yang pertama kali diterbitkan oleh Al Jazeera awal pekan ini, menyebut ada kesalahan urus dalam manajemen UNRWA dalam bentuk pelanggaran, nepotisme dan diskriminasi yang dilakukan oleh kepemimpinan UNRWA.

Laporan itu sebenarnya telah dikirim ke Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada bulan Desember lalu dan penyelidikan telah diluncurkan, namun belum membuahkan hasil. "Jika klaim itu benar, maka itu sama sekali tidak dapat diterima," kata Menteri Pembangunan Alexander De Croo, seperti dimuat Al Jazeera.

BACA JUGA: PBB Gandeng BAZNAS Bantu Pengungsi Palestina

Menurut De Croo, keputusan itu tidak dibuat dalam konsultasi dengan kedua negara. "Untuk mengantisipasi penyelidikan independen, kami akan menghentikan pembayaran lebih lanjut," kata De Croo kepada Knack, merujuk pada kontribusi tambahan sebesar 5,35 juta euro.

Belgia sendiri sudah mentransfer sumbangan tetapnya sebesar 6,25 juta euro ke UNRWA awal tahun ini.

"Kami akan memeriksa laporan itu dengan kritis. Ini bukan karena Anda membela tujuan baik sehingga Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan," kata De Croo.

Sebelumnya, menanggapi langkah serupa yang lebih dulu dilakukan oleh Swiss dan Belanda, jurubicara UNRWA Tamara Alrifai mengatakan, organisasi itu menyesali langkah tersebut.

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...