Belanda: Tiga Final, Tiga Kali Gagal

Belanda: Tiga Final, Tiga Kali Gagal
GAGAL - Kapten Giovanni van Bronckhorst (tengah) dan skuad Belanda yang masih tampak kecewa, usai menerima medali runner-up di Soccer City, Minggu (11/7) malam lalu. Foto: Paul Gilham/Getty Images/FIFA.com.
THE HAGUE - Trofi Piala Dunia sepertinya "memusuhi" timnas Belanda. Bagaimana tidak, tiga kali lolos ke final, tiga kali juga Belanda kalah. Pada Piala Dunia 1974, ambisi De Oranje, sebutan timnas Belanda, yang saat ini diperkuat salah satu legenda lapangan hijau, Johan Cruyff, dihentikan Jerman Barat dengan skor 2-1.

Di Piala Dunia berikutnya, 1978, Belanda yang saat itu kesohor dengan gaya main total football-nya yang menawan kembali melaju ke final. Tapi target menjadi juara digagalkan Argentina dengan skor 3-1 lewat perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu dilakukan setelah di waktu normal skor sama kuat 1-1.

Terakhir, di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, nasib baik belum juga mau hinggap di skuad De Oranje. Lewat perpanjangan waktu, Belanda menyerah 0-1 di tangan Spanyol.

Kegagalan ini membuat Belanda berduka. Para pendukung De Oranje yang sebelumnya yakin timnya bisa mengakhiri kutukan final Piala Dunia, akhirnya harus lunglai. Mereka pun punya analisa sendiri kenapa Belanda gagal menjadi juara.

THE HAGUE - Trofi Piala Dunia sepertinya "memusuhi" timnas Belanda. Bagaimana tidak, tiga kali lolos ke final, tiga kali juga Belanda kalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News