Belasan Warga Bekasi Tertipu Ajudan Wakil Wali Kota Bekasi Palsu

Belasan Warga Bekasi Tertipu Ajudan Wakil Wali Kota Bekasi Palsu
Korban penipuan oknum yang mengaku ajudan Wakil Wali Kota Bekasi mendatangi ruang Humas Pemkot Bekasi, Senin (23/12). Foto: Pradita Kurniawan Syah/Antara

jpnn.com, BEKASI - 18 orang menjadi korban penipuan oleh oknum pelaku yang mengaku sebagai ajudan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

Para korban rata-rata berusia 18 hingga 22 tahun, mereka ditipu pelaku berinisial RWA.

Korban diiming-imingi bekerja di kantor Pemerintah Kota Bekasi sebagai office boy atau cleaning service dengan gaji Rp 4,1 juta.

Muhammad Fauzan (18), salah satu korban saat ditemui di Polsek Bekasi Utara menuturkan, syarat bekerja harus menyetorkan dana administrasi kepada RWA sebesar dari Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

“Ya, saya kan ketemu orangnya (pelaku) di rumahnya wilayah Rawa Bugel, Bekasi Utara. Terus dia (pelaku) ngakunya ajudan wakil wali kota dan nawarin pekerjaan di Pemkot Bekasi,” ujar Muhammad Fauzan (18), Senin (23/12).

Menurutnya, setelah menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku, dia bersama 17 korban dimasukkan ke dalam grup WhatsApp untuk lebih meyakinkan para korban. “Semua korban ada di grup WhatsApp,” imbuhnya.

Kata Fauzan, ia bersama dengan rekan lainnya dijanjikan bekerja pada tanggal 23 Desember 2019, sebelumnya dijanjikan masuk pada 16 Desember.

“Kemarin ngabarin katanya sudah bisa masuk kerja mulai hari ini, suruh datang ke Kantor Humas Pemkot Bekasi,” katanya.

Pelaku RWA mengaku sebagai ajudan Wakil Wali Kota Bekasi yang bisa memasukkan korban untuk bekerja di Pemkot Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News