Belum Setahun, Gedung MAN Ambruk

Diduga Akibat Kesalahan Kontraktor

Belum Setahun, Gedung MAN Ambruk
Belum Setahun, Gedung MAN Ambruk

jpnn.com - JOMBANG - Kasus sekolah ambruk, tampaknya, tidak pernah habis terjadi di negeri ini. Kali ini giliran gedung Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Keboan, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang ambruk, Selasa (24/12).

Bangunan yang ambruk itu merupakan satu di antara tiga ruang kelas baru (RKB) hasil proyek pembangunan DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran) 2012. Namun, belum genap setahun dibangun, proyek yang dikerjakan CV Citra Mandiri Sentosa asal Mojokerto tersebut sudah rusak.

Tidak ada korban dalam insiden ambruknya ruang kelas XI itu. "Tidak sampai jatuh korban. Kebetulan hari ini (kemarin) para siswa sedang libur," ungkap Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) MAN Keboan Bidang Kesiswaan Masrukhin saat ditemui kemarin.

Meski begitu, ambruknya bangunan tersebut mengejutkan para pekerja proyek RKB lain. Bahkan, ada pekerja yang nyaris tertimpa reruntuhan bangunan. "Sebelumnya tidak terjadi apa-apa. Tiba-tiba bangunan itu ambruk," ujar salah seorang pekerja.

Sebelumnya, kemungkinan ambruknya bangunan sekolah tersebut sudah diprediksi. Pembangunan tiga RKB sekolah negeri di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) tersebut diperkirakan tidak bertahan lama. Setelah bangunana diperiksa, rekanan diduga menggarap konstruksi yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Kayu penyangga atap tidak dipasang dengan tepat.

Sebelum bangunan itu ambruk, tidak ada angin kencang atau hujan deras saat pagi. Cuaca pagi itu terang. "(Bangunan sekolah) ambruk sendiri pada pukul 07.52," tutur Masrukhin.

Material bangunan terlihat berceceran di dalam dan teras RKB. Hampir seluruh material bangunan atap hancur. Kayu penyangga, genting, dan plafon tampak menganga.

Atap yang runtuh juga mengenai bagian bawah ruang kelas seperti kaca jendela, pintu, bangku sekolah, dan lemari. Bangunan pun retak dan bahkan jebol hingga bergeser ke sisi selatan.

JOMBANG - Kasus sekolah ambruk, tampaknya, tidak pernah habis terjadi di negeri ini. Kali ini giliran gedung Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Keboan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News