Belum Setahun Jadi Wali Kota, Mas Gibran Masuk Nominasi Penghargaan KLHK

Belum Setahun Jadi Wali Kota, Mas Gibran Masuk Nominasi Penghargaan KLHK
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Gatot Sutanto sedang berdiskuss dengan perwakilan tim independen penilai calon penerima Nirwasita Tantra 2021, Rabu (24/11). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, SURAKARTA - Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka di Kota Surakarta sejak Februari 2021 berpotensi segera berbuah penghargaan.

Kini, nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masuk dalam daftar nominasi penerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Nirwasita Tantra yang dikenal juga dengan nama Green Leadership merupakan penghargaan untuk kepada kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota atas kepemimpinan, pemahaman, inovasi, dan solusi atas persoalan lingkungan.

Daerah berjuluk Kota Bengawan itu dianggap memilik tata kelola pembangunan yang memperbaiki kualitas lingkungan hidup. 

Guna melakukan verifikasi dan uji titik, perwakilan KHLK dan tim indepeden berkunjung ke Kota Surakarta, Rabu (24/11). 

"Titik-titik yang akan kami cek tidak ada konfirmasi sedikit pun dengan daerah. Jadi, kami datangnya mendadak-mendadak," kata Kasub Bidang Basis Data Pusat Data dan Informasi KLHK Susi Oktalina setelah mendatangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta.

Menurut Susi, masuknya Surakarta dalam daftar nominasi penerima Nirwasita Tantra 2021 didasarkan pada penilaian utama tentang usaha kepala daerah mengelola lingkungan hidup.

"Data yang kami minta tidak semata-mata hanya mengandalkan data lingkungan hidup, tetapi juga  dibarengi dengan kerja sama dari OPD-OPD (organisasi perangkat daerah, red) lain," tuturnya.

Kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka di Kota Surakarta sejak Februari 2021 berpotensi segera berbuah penghargaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News