Bendungan Jebol Akibat Curah Hujan Tinggi, Kotabaru dan Tanah Bumbu Terendam Banjir

Bendungan Jebol Akibat Curah Hujan Tinggi, Kotabaru dan Tanah Bumbu Terendam Banjir
Suasana banjir di pusat kota, Kotabaru, kemarin. Foto: prokal

jpnn.com, KOTABARU - Hujan yang turun beberapa jam pada Sabtu (8/6) lalu langsung menyebabkan Kotabaru dan Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diterjang banjir.

Air sungai pun meluap dan merendam rumah dan dapur warga hingga setinggi mata kaki. Rumah yang sebelum lebaran dibersihkan, kotor sudah.

"Sampai dapur ini airnya," keluh Yahya warga yang tinggal di Agus Salim, sekitar setengah kilometer dari kantor bupati.

Anak-anak berlarian. Mandi hujan. Namun air sungai tambah deras. Tiba-tiba sekitar pukul 12.00 beredar kabar bendungan di atas bukit dekat kota jebol.

Baca: Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu hingga 7.000 Meter

Bendungan besar yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 30 miliar, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal SDA Balai Sungai Kalimantan II.

Bendungan itu dekat dari Mapolres Kotabaru. Polisi dan warga berlarian ke atas. Gemuruh air membuat bergidik. Beruntung aliran air sungai agak lancar menuju Sigam.

Tidak lama, terdengar juga kabar longsor di Gunung Sari. Satu buah rumah hancur. Lagi-lagi mujur. Rumah kosong. Tapi rumah-rumah sekitar sempat terendam banjir.

Hujan yang turun beberapa jam pada Sabtu (8/6) lalu langsung menyebabkan Kotabaru dan Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diterjang banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News