Benny Berharap Ayub Basalamah Aktif Memberantas Mafia Pengiriman Pekerja Migran

Benny Berharap Ayub Basalamah Aktif Memberantas Mafia Pengiriman Pekerja Migran
Ayub Basamalah terpilih sebagai Ketua Apjati periode 2020-2024 pada Munas yang digelar di Bandung, 27-29 Oktober lalu. Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) berharap kepengurusan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati), di bawah kepemimpinan Ayub Basalamah makin gencar memberantas mafia pengiriman pekerja migran.

Ayub terpilih sebagai ketua Apjati yang baru dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar di Bandung, Jawa Barat pada 27-29 November kemarin.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani berharap Apjati tetap solid sebagai mitra strategis pemerintah, khususnya, dalam pemberantasan mafia dan memperlakukan pekerja migran Indonesia (PMI) secara baik.

"Saya mengharapkan Pak Ayub terus berkomitmen melaksanakan kebijakan pemerintah dalam hal ini BP2MI, khususnya untuk pemberantasan sindikat dan memperlakukan PMI sebagai warga negara VVIP. Selain itu juga mendukung modernisasi sistem yang dicanangkan BP2MI,” ujar Benny dalam keterangannya, Senin (30/11)

Menurut Benny, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Munas Apjati telah menegaskan tidak akan memberikan toleransi sedikit pun terhadap keberadaan jaringan mafia yang mengambil manfaat tidak wajar dari pengiriman PMI.

"Semua pihak harus terlibat secara sinergis untuk membuat PMI mampu bersaing di pasar global, untuk melindungi hak-hak PMI, menyejahterakan PMI dan keluarganya dan menjadikan PMI duta bangsa di masyarakat internasional," tutur Benny.

Dia juga menyatakan bahwa BP2MI memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menyatakan perang terhadap sindikat pengiriman PMI ilegal.

"BP2MI tidak akan pernah menghentikan peperangan ini, kecuali para sindikat tersebut kembali ke jalan yang benar dan tidak melakukan kejahatan pengiriman PMI secara ilegal," tegasnya.

Ayub Basalamah terpilih sebagai ketua yang baru dalam Munas Apjati 2020 di Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News