Berat Badan Bisa Turun dengan Berenang?

Berat Badan Bisa Turun dengan Berenang?
berenang. Ilustrasi. Foto health

jpnn.com - Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang menyegarkan, bisa mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan.

Namun apakah dengan berenang saja, Anda bisa berhasil diet dan menurunkan berat badan turun?

Menurut International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism pada 2014, renang merupakan olahraga yang membutuhkan ketekunan. Olahraga ini bisa membentuk stamina yang kuat dan sehat, serta membantu mencapai berat badan ideal. Tapi, berenang juga bisa membuat berat badan tidak turun sama sekali.

Pasalnya, seperti dimuat di dalam Journal of Obesity pada 2011, olahraga renang bisa menekan nafsu makan pada saat aktivitas berlangsung. Namun saat renang usai, nafsu makan justru meningkat secara drastis.

Karena itu, Anda harus mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang sehat. Journal of Midwifery Womens Health mengungkapkan, konsumsi banyak buah dan sayur, serta membatasi asupan lemak dan gula, bisa membantu mencapai berat badan ideal.

Menurut dr. Jessica Florencia, meski perut terasa sangat lapar setelah berenang, Anda tetap harus konsisten mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Usahakan juga untuk menghindari asupan tinggi lemak dan tinggi gula.

Jika tubuh terasa dingin dan ingin menyeruput kopi, sebaiknya memilih kopi rendah gula. Dengan begitu, olahraga renang tadi tidak sia-sia, dan Anda berhasil diet.(BA/RH)


Namun apakah dengan berenang saja, Anda bisa berhasil diet dan menurunkan berat badan turun?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News