Berharap Akhir 2011 tak Ada Lagi yang Bingung Urus BOS

Berharap Akhir 2011 tak Ada Lagi yang Bingung Urus BOS
Berharap Akhir 2011 tak Ada Lagi yang Bingung Urus BOS
JAKARTA—Mendiknas M Nuh menargetkan, hingga akhir tahun 2011 mendatang  seluruh penyelenggara sekolah, khususnya jenjang sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah dapat memahami mekanisme penggunaan dan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sekolah di Indonesia ini kan jumlahnya cukup banyakdan variasinya juga sangat beragam. Oleh karena itu, sekolah-sekolah ini harus diberikan otonomi, kewenangan dan keleluasaan khususnya dalam mengelola dana BOS. Namun, keleluasaan itu harus diikuti dengan pengetahuan mengelola kewenangan,” ungkap Nuh ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (7/6).

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menjelaskan,pemerintah akan memberikan penguatan kemampuan kepada kepala sekolah-kepala sekolah di seluruh Indonesia yang totalnya mencapai 500 ribuan.  “Ini bisa dikatakan, sebuah pelatihan raksasa, karena jumlahnya cukup banyak. Selain Kepsek, juga ada seluruh pengelola BOS dan seluruh perwakilan komite sekolah, semuanya harus dilatih. Sehingga, ke depannya dana BOS akan semakin tepat guna,” tukasnya.

Dia berharap, seluruh proses peningkatan pengetahuan dan pengelolaan BOS ini bisa selesai di tahun 2011. “Sangat sayàng, kalau ada forum yang sangat bagus ini hanya untuk mengelola BOS saja. Maka dari itu, kita latih juga para trainer tentang pendidikan karakter yang di dalamnya ada penguatan pendidikan Pancasila,” imbuhnya.(cha/jpnn)

JAKARTA—Mendiknas M Nuh menargetkan, hingga akhir tahun 2011 mendatang  seluruh penyelenggara sekolah, khususnya jenjang sekolah dasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News