Berharap Tokoh Minang Masuk Kabinet Mendatang

Berharap Tokoh Minang Masuk Kabinet Mendatang
Berharap Tokoh Minang Masuk Kabinet Mendatang

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman berharap pemerintah periode 20014-2019 memasukkan tokoh-tokoh dari ranah Minang di jajaran kabinet.

Harapan tersebut menurut Irman cukup realistis karena kinerja sejumlah tokoh terbaik Minang yang selama ini duduk kabinet terbukti bisa dibanggakan.

"Sejak dulu, Sumatera Barat telah memberikan sumbangan yang besar bagi bangsa ini, khususnya dengan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa, mulai era perintisan kemerdekaan, Proklamasi Kemerdekaan, masa revolusi, hingga era pembangunan dan reformasi dewasa ini. Karena itu, saya menaruh harapan dalam pemerintahan mendatang tokoh terbaik Minang diberi kepercayaan di kabinet," kata Irman Gusman dalam acara Silaturahmi dan Buka Puasa bersama Masyarakat Minang di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (17/7).

Menurut senator asal Sumatera Barat ini, salah satu kekuatan yang dimiliki masyarakat Minang adalah jaringan, dimana adat dan tradisi merantau membuat masyarakat Minang menyebar di berbagai tempat.

"Salah satu modal sosial utama yang kita miliki saat ini adalah sumber daya manusia yang tersebar di berbagai tempat. Banyak perantauan (diaspora) Minang yang berada di luar ranah, baik di dalam negeri, maupun di luar negeri," ujarnya.

Irman berpandangan, diperlukan sebuah sinergi tidak hanya di antara tokoh-tokoh nasional, tetapi juga seluruh unsur masyarakat Minang baik yang ada di ranah maupun rantau.

"Karena itu, siapapun presiden dan wakil presiden yang terpilih, dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat Minang untuk dapat memberikan kontribusi dan peran yang lebih nyata lagi di pemerintahan mendatang," ujarnya.

Dengan kekuatan sumber daya manusia yang dimiliki, Irman yakin dan percaya presiden mendatang akan mengikutsertakan beberapa tokoh Minang untuk duduk di kabinet, mengingat ada tradisi yang cukup kuat, tokoh-tokoh Minang selalu diangkat menjadi menteri.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman berharap pemerintah periode 20014-2019 memasukkan tokoh-tokoh dari ranah Minang di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News