JPNN.com

Berhenti di Lampu Merah, Mobil Matik Harus Berada di Posisi N

Rabu, 16 September 2020 – 15:54 WIB
Berhenti di Lampu Merah, Mobil Matik Harus Berada di Posisi N - JPNN.com
Mobil bertransmisi otomatis atau matik (Ilustrasi). Foto: dok jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Mobil dengan transmisi otomotasi atau matik memang sangat mudah digunakan. Pengemudi hanya tinggal memindahkan tuas transmisi ke D (drive) untuk menjalankan mobil tersebut.

Meski begitu, terkadang masih banyak pengemudi yang belum paham cara menerapkannya dalam situasi sehari-hari, salah satunya ialah saat berhenti di lampu merah.

Mungkin banyak pengemudi mobil matik yang belum mengetahui posisi tuas ketika berada di lampu merah.

Instruktur Service Training Departement PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima mengatakan, apabila kendaraan harus berhenti sejenak misalnya saat antre di lampu merah.

Aji menyarankan, agar posisi tuas berada di N (netral). Menurutnya, hal itu untuk menjaga keamanan agar tidak terjadi kecelakaan.

“Kalau ditaruh di posisi P, saat lampu berubah hijau tuas harus melewati dua posisi, yakni R dan N. Ini sangat berbahaya, karena pengemudi bisa saja salah akibat buru-buru,” kata Aji pada saat press conference melalui video virtual, kemarin.

Menurut Aji, apabila pengemudi salah memposisikan tuas di R maka kendaraan bukannya maju, malah jadi mundur.

"Kalau pengemudi tiba-tiba salah letakan tuas yang seharusnya D, ini malah di R dan langsung menginjak gas. Itu bisa menabrak kendaraan lain yang ada di belakang," kata Aji. (ddy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy