Berjalan Setiap Hari Bisa Memperpanjang Hidup Anda?

Berjalan Setiap Hari Bisa Memperpanjang Hidup Anda?
Jalan kaki. Foto Vemale

jpnn.com - Penelitian baru menemukan bahwa berjalan hanya 40 menit beberapa kali per minggu mengurangi risiko gagal jantung pada wanita pasca-menopause sebesar 25 persen.

Namun, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, berjalan jauh bukan hanya cara yang baik untuk mencerahkan suasana hati dan meningkatkan hari Anda, karena hal tersebut juga benar-benar bisa menyelamatkan hidup Anda.

Penelitian baru yang dipresentasikan di American Scientific of Cardiology ke-67 sesi Ilmiah tahunan telah menemukan bahwa berjalan hanya 40 menit beberapa kali per minggu mengurangi risiko gagal jantung pada wanita pascamenopause dengan kekalahan 25 persen.

Studi komprehensif, yang menganalisis korelasi antara berjalan dan kesehatan jantung di antara 89 ribu wanita di atas 50 selama lebih dari satu dekade, menemukan bahwa manfaat berjalan konsisten terlepas dari berat badan wanita atau bentuk latihan lainnya. 

"Kami benar-benar melihat wanita dengan empat kategori indeks massa tubuh (BMI) dan menemukan hubungan terbalik yang sama antara perilaku berjalan dan risiko gagal jantung," kata Somwail Rasla, MD, seorang rekan kardiologi di Saint Vincent Hospital, seperti dilansir laman MSN, Rabu (19/12).

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang gemuk dan kelebihan berat badan pun masih bisa mendapatkan manfaat dari berjalan kaki untuk mengurangi risiko gagal jantung," jelas Rasla.

"Kami sudah tahu bahwa aktivitas fisik menurunkan risiko gagal jantung, tetapi mungkin ada kesalahpahaman bahwa hanya berjalan saja tidak cukup," tambahnya. 

"Analisis kami menunjukkan bahwa berjalan tidak hanya bentuk latihan yang bisa diakses tetapi hampir sama dengan semua jenis latihan yang berbeda yang telah dipelajari sebelumnya dalam hal menurunkan risiko gagal jantung," kata Rasla.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang gemuk dan kelebihan berat badan pun masih bisa mendapatkan manfaat dari berjalan kaki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News