Berkat Srikandi Ganjar, Warga Sulsel Terdorong Kembangkan Budi Daya Rumput Laut

Berkat Srikandi Ganjar, Warga Sulsel Terdorong Kembangkan Budi Daya Rumput Laut
Srikandi Ganjar mengajak warga di Luwu Timur, Sulawesi Selatan untuk melakukan budi daya rumput laut. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LUWU TIMUR - Sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/1/2024).

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan, Nurul Awainah mengatakan budi daya rumput laut masih memiliki potensi ekonomi yang besar.

“Budi daya rumput laut merupakan salah satu jenis budi daya di bidang perikanan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan di wilayah perairan Indonesia,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis.

Pada kegiatan itu, Nurul mengatakan budi daya rumput laut dapat memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di wilayah setempat.

Bahkan, pembudidayaannya juga disebut akan melestarikan lingkungan karena keberadaan rumput laut akan memberikan tempat berlindung bagi ikan dan makhluk laut sejenisnya sehingga populasinya bisa terus bertambah.

“Budi daya rumput laut memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dalam negeri,” kata Nurul.

Setelah mengikuti kegiatan kali ini, para peserta didorong untuk mempraktekan teori yang dipelajari dalam kegiatan kali ini pada pertengahan tahun ini, tepatnya antara Juli-Agustus 2024 yang akan datang.

“Rumput laut dibudidayakan pada musim timur (Juli dan Agustus) dan dipanen pada umur yang berbeda, yaitu umur panen 30 hari, 45 hari, dan 60 hari,” ujar Nurul.

Srikandi Ganjar mengajak warga Sulawesi Selatan untuk melakukan budi daya rumput laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News