Bersaing Ketat dengan Prabowo, Ganjar Pranowo dan Pendukung Harus Perkuat Konsolidasi

Bersaing Ketat dengan Prabowo, Ganjar Pranowo dan Pendukung Harus Perkuat Konsolidasi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di Grobogan. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bacapres Ganjar Pranowo dan sejumlah partai pendukung harus memperkuat konsolidasi untuk mempertahankan dan memperluas dukungan menjelang Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan pengamat politik Ipsos Public Affairs Arif Nurul Iman mengingat persaingan merebut suara antara Ganjar dengan bacapres Prabowo Subianto cukup ketat.

"Yang diperkuat tentu soal konsolidasi dan merebut hati masyarakat. Sebab elektabilitas Ganjar hari ini di bawah Prabowo Subianto," kata Arif Nurul di Jakarta

Menurut Arif, Ganjar sudah mengantongi modal cukup kuat untuk bisa mendaftar sebagai capres. Pria asal Jawa Tengah itu saat ini mendapat dukungan dari PDI Perjuangan, Perindo, PPP, dan Hanura.

Total kursi partai itu di Parlemen lebih dari 27 persen. Meski demikian, Arif mengatakan, banyaknya dukungan dari partai politik belum tentu sejalan dengan kenaikan elektabilitas bacapres.

"Dukungan Perindo pada Ganjar tentu menambah energi politik. Hal ini karena Perindo, meski belum lolos ke Pprlemen, tetapi memiliki struktur partai dan topangan media yang kuat," ujar Arif.

Ganjar Pranowo makin aktif keliling daerah, konsolidasi dengan pengurus partai pendukung, menemui dan mendengar aspirasi masyarakat.

Hari ini, Ganjar dijadwalkan ke Bali, kemudian lanjut menemui masyarakat di NTB pada Minggu, akhir pekan ini.

Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat mengaku kedatangan Ganjar Pranowo ke Lombok tepat di Bulan Bung Karno menjadi penting dan strategis.

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo sudah mengantongi modal cukup kuat untuk bisa mendaftar sebagai capres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News