Bersama Kementerian/Lembaga, Ditjen Bina Pemdes Percepat Pelaksanaan P3PD

Bersama Kementerian/Lembaga, Ditjen Bina Pemdes Percepat Pelaksanaan P3PD
Rapat Steering Committee membahas percepatan pelaksanaan P3PD, di Jakarta pada Selasa (20/6), Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) bersama sejumlah perwakilan dari Kementerian/Lembaga melakukan percepatan pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) untuk tahun 2023.

P3PD merupakan kegiatan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia (World Bank).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparatur desa untuk membuat belanja desa yang berkualitas.

Dari program ini diharapkan pembangunan di desa-desa meningkat, begitupun kesejahteraan masyarakatnya.

Percepatan pelaksanaan P3PD dilakukan karena pada Oktober 2023 sudah memasuki tahun politik, di mana tidak diizinkannya kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

Kampanye politik Pemilu 2024 dimulai pada Oktober 2023. Selanjutnya, Februari 2024 akan dilaksanakan pemungutan suara pemilu dan November 2024 akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dalam rapat Steering Committee yang digelar di Jakarta pada Selasa (20/6), dibahas beberapa isu-isu terkait hal-hal yang bersifat strategis maupun teknis untuk mempercepat pelaksanaan P3PD.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro menjelaskan, pada 2023, Ditjen Bina Pemdes akan fokus melakukan pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa, yang terdiri dari unsur Aparatur Desa, BPD, PKK, Lembaga desa/Lembaga adat desa, Posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri bersama Kementerian/Lembaga melakukan percepatan pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa atau P3PD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News