Berstatus Awas, Warga Diminta Siaga

Berstatus Awas, Warga Diminta Siaga
Berstatus Awas, Warga Diminta Siaga
TERNATE – Meletusnya Gunung berapi Gamalama malam tadi ikut dipastikan oleh Pos Pemantau Gunung Api Gamalama. Menurut Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, Gunung Gamalama meletus sekitar pukul 00.08 WIT dengan mengeluarkan material debu dan pasir. 

“Saat ini status gunung Gamalama siaga awas, pada level tiga,” kata Darno saat dihubungi Malut Post (JPNN Grup) via telepon dinihari tadi.

Darno sendiri belum bisa memprediksi letusan gunungtersebut bisa terjadi sampai kapan, karena kondisi cuaca, sehingga belum bisa terpantau. Namun Darno menghimbau agar warga yang berdekatan dengan Gunung Gamalama untuk tetap waspada.

“Untuk warga yang berada di daerah dekat gunung tersebut dihimbau agar tetap waspada, bahkan baiknya terlebih dahulu mencari tempat yang lebih aman,” himbaunya.

Semantara itu Kepala BMKG Ternate, Aryo Fuzi mengatakan, dalam letusan gunung tersebut juga disertai dengan gempa hanya saja itu termasuk dalam kategori gempa hembusan atau gempa vulkanik dari gunung api, dan berada dalam frekuensi yang sangat kecil yakni dibawah 3 Skala Richter (SR). “Sangat kecil dibawah 3 SR,” terangnya.

TERNATE – Meletusnya Gunung berapi Gamalama malam tadi ikut dipastikan oleh Pos Pemantau Gunung Api Gamalama. Menurut Kepala Pos Pemantau Gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News