Gamalama Meletus, ISPA Ancam Warga Kota Ternate

Gamalama Meletus, ISPA Ancam Warga Kota Ternate
Gunung Gamalama yang masih menyemburkan erupsi. Foto: Malut Post/JPNN
TERNATE - Meski baru sehari terkena dampak letusan gunung berapi, warga Kota Ternate kini tengah menghadapi ancaman sejumlah penyakit, utamanya ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas Akut). Ini tidak lepas dari hujan debu yang terus disemburkan Gunung Gamalama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbayti Radjabesy kepada Malut Post mengatakan, sedikitnya ada lima penyakit yang sangat berpotensi menyerang warga akibat erupsi Gunung Gamalama ini. “Penyakit  tersebut diantaranya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), infeksi mata, diare, mag, dermatitis atau gangguan kulit (gatal-gatal) serta dampak secara psikologis.  Kelima penyakit tersebut yang potensial akan diderita warga Kota,” kata Nurbayti Radjabesy, saat dihubungi, Senin (5/12).

Dia mengatakan hingga saat ini dari pengungsi yang melakukan perawatan di posko-posko kesehatan yang dibuka oleh tim terpadu penanggulangan gunung meletus, penyakit ISPA berada di posisi tertinggi. “Belum ada data lengkapnya, tapi dari pemeriksaan yang dilakukan, umumnya keluhan warga adalah penuakit ISPA,” ungkapnya.

Nurbayti mengaku, pihaknya tengah mendirikan lima posko kesehatan untuk mengantisipasi keluhan warga korban gunung berapi. Kelima posko itu menempati antara lain di eks kantor gubernur (posko utama), mess Persiter, Pustu Tarau, Pukesmas Sulamada dan Pustu Jambula. “Kami juga menyiapkan berbagai jenis obat khususnya untuk menangani kelima jenis penyakit yang berpotenesi menyerang warga tersebut,” pungkas Nurbayti.

TERNATE - Meski baru sehari terkena dampak letusan gunung berapi, warga Kota Ternate kini tengah menghadapi ancaman sejumlah penyakit, utamanya ISPA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News