BI Arahkan Bank Syariah ke Sektor Produktif

BI Arahkan Bank Syariah ke Sektor Produktif
BI Arahkan Bank Syariah ke Sektor Produktif
JAKARTA - Upaya mendorong intermediasi perbankan ke sektor-sektor produktif terus dilakukan. Kali ini, Bank Indonesia (BI) menyiapkan lima strategi untuk menggenjot peran dan kinerja bank syariah di tanah air.

Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan, lima strategi tersebut merupakan sentuhan terakhir BI sebelum 2014 nanti menyerahkan pengawasan bank ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Yang pertama, mengarahkan pembiayaan bank syariah ke sektor produktif," ujarnya Senin (17/12).

Menurut Halim, bank syariah yang selama ini lebih banyak berkutat di pembiayaan-pembiayaan korporasi sedang dan besar, ke depan harus mulai naik kelas untuk membiayai proyek-proyek strategis. "Misalnya, infrastruktur seperti konstruksi, listrik, maupun gas," katanya.

Halim mengatakan, jika ingin berkembang lebih pesat, perbankan syariah juga harus mulai masuk ke pembiayaan-pembiayaan yang selama ini lebih banyak dikuasai perbankan konvensional. "Misalnya, sektor pertanian, industri kreatif, maupun UMKM," sebutnya.

JAKARTA - Upaya mendorong intermediasi perbankan ke sektor-sektor produktif terus dilakukan. Kali ini, Bank Indonesia (BI) menyiapkan lima strategi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News