BI Jamin Ketersediaan Likuiditas

BI Jamin Ketersediaan Likuiditas
BI Jamin Ketersediaan Likuiditas
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menjamin ketersediaan likuiditas di pasar dengan mengoptimalkan repo window (gadai) SBI (Sertifikat Bank Indonesia) dan SUN (Surat Utang Negara). Perbankan diharapkan tidak khawatir kesulitan mendapatkan likuiditas. Karena, BI akan menyediakan berapapun kebutuhan bank.

"BI sebagai lender of the last resort (sumber pinjaman terakhir), window-nya selalu terbuka. Kita coba lihat, seperti dengan fasilitias repo kita, akan kita coba optimalkan. Sehingga keketatan di beberapa bank ini tidak menjadi merembet ke bank-bank yang lain," kata Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono di Kantor Depkeu, Senin (15/9).

Hartadi menjelaskan, melalui repo window, bank bisa meminjam dana di BI dengan menggadaikan surat-surat berharga yang dimiliki. Bank sentral juga menjanjikan biaya dan harga yang baik. "Jangka waktu peminjaman fasilitas repo dan suku bunga inilah yang sedang kita coba diskusikan bersama di internal BI," kata Hartadi.

BI juga tidak membatasi jumlah surat berharga yang di-repo-kan. "Pokoknya kita selalu siap, berapapun, yang dilakukan (dipinjam) oleh perbankan," sebutnya.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menjamin ketersediaan likuiditas di pasar dengan mengoptimalkan repo window (gadai) SBI (Sertifikat Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News